Webinar Membentuk Keunikan Produk

12 OCT 2020 08:20 PEMBEKALAN KARIR 7166 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

APINDO & BPJS Ketenagakerjaan Mempersembahkan ”APINDO UMKM AKADEMI”, kali ini akan ada webinar Seri Industri Argo dengan judul MEMBENTUK KEUNIKAN PRODUK, dalam Seri webinar untuk UMKM dapat berbagi cerita dan mendapatkan masukan mengenai keunikan produk yang dimiliki dari para mentor dan ahli di bidangnya.

 

Sistem Webinar akan berlangsung secara dua arah, yakni peserta dapat berinteraksi langsung dengan narasumber untuk bisa menanyakan perihal masalah apa saja yang sedang mereka hadapi saat pandemic COVID-19 sekarang ini, selain itu mereka juga bisa share oportunity yang mungkin akan menginspirasi para peserta lainnya.

 

Acara ini akan berlangsung pada hari Rabu, 1 Juli 2020, pukul 15.00-17.00 WIB melalui Live on Zoom dan Livestreaming di TopKarir.com

 

NARASUMBER
MEYBI AGNESYA
CEO & FOUNDER Timor Moringa & Timor Moringa Learning Center

 

ARIEF BUDIMAN
CEO AGRINDO & Ketua Pengembangan Kewirausahaan APINDO UMKM

 

LISHIA ERZA
CEO ASYX
Komite Pengembangan Kewirausahaan APINDO

 

HOSTED BY
EDRIC CHANDRA
Program initiator Diplomat Succes Challange

 

FASILITATOR
BAYU J WIRJOATMODJO
CEO Top Karir Indonesia

 

SAVE THE DATE
Rabu, 1 Juli 2020
15.00-17.00 WIB
Live on Zoom & TopKarir

 

Link Registration
https://bit.ly/umkm-akademi

 

GRATIS!!!

 

Benefit:
E-Certificate
Ilmu
Relasi

Pertanyaan Webinar Minggu Lalu (Menciptakan Keunggulan Produk)

Q: Bagaimana cara meningkatkan market usaha di bidang percetakan?

A: Sudah pernah membuat kanvas model bisnis percetakannya? kalau belum bisa dimulai dari situ. Kalau sudah, kaji kembali segmen pasar Anda, untuk bisa memetakan strategi. Perluasan pasar bisa dari penambahan customer atau dari penambahan range jasa/produk. Tahun ini ada lebih dari 200 Kabupaten yang pilkada bersama.

 

Q: Karena adanya kebijakan pemerintah tentang kemasan yang ramah lingkungan, Bagaimana solusi untuk kemasan plastik makaroni usaha saya?

A:Saat ini ada beberapa opsi kemasan pengganti plastik seperti misalnya kemasan tekstur dan performanya mirip plastik tapi bahan dasarnya dari olahan singkong, rumput laut, dll. Coba cari informasi tentang ecoplastic/bioplastik di internet.

 

Q: Terkait pendamping UMKM apakah akademisi bisa ikut bergabung? Siapa saja yang bisa bergabung menjadi pendamping UMKM? Adakah syarat khusus?

A: Bagi Anda yang mau berkolaborasi dan berperan untuk kemajuan UMKM, Anda bisa mendaftarkan diri sebagai mentor di link berikut ini https://bit.ly/pendamping-umkm

 

Q: Perlukah mengubah strategi penjualan dan promosi ketika menghadapi New Normal?

A: Perlu ada review/evaluasi terhadap strategi yang ada dan juga terhadap dinamika kebiasaan pelanggan. Kalau kebiasaan pelanggannya berubah, tentu kita perlu menyesuaikan. 

 

Q: Seberapa banyak dana yg dialokasikan untuk melakukan riset dan survei keunggulan produk?

A: Biasanya tergantung ukuran usaha Anda dan juga di tahap apa usaha yang sedang berjalan (baru mulai? sudah stabil dan tahap berkembang? tahan penurunan butuh pivot?). Sebagai estimasi bisa dialokasikan anggaran 3-5% dari revenue.

Metode riset dan survey bisa disesuaikan dari budget yg ada. yang penting harus tahu dulu informasi apa yang anda butuhkan, jangan sampai hasil surveinya menghasilkan gambaran terlalu generik. Sayang kan..

 

Q: Bagaimana memilih suplai, quality control, antisipasi harga bahan baku, dan menjaga kestabilan suplai bahan mentah coklatnya (biji coklat)?

A: Ini masuk ke ranah manajemen rantai pasok. Biasanya dibutuhkan prosedur yang jelas sehingga pemasok juga tahu standar kualitas yang dicari. Kalau antisipasi harga bahan baku biasanya : 1) ada modal sehingga bisa menyimpan di harga rendah, 2) berkontrak dengan supplier dengan harga mengikat - termasuk dengan gapoktan/petani; 3) cari substitusi.

 

Q: Bagaimana cara menentukan positioning untuk produk sayur segar?

A: Kalau saat ini pasar modern (supermarket, online, dll), atau berkolaborasi lah dengan generasi muda yang punya ekspektasi barang segar langsung diantar ke rumah (seperti sayurbox, happyfresh, tumbasin, dll).

Kalau mau pasarnya lebih spesifik bisa menargetkan pembeli sayuran organik. 

Positioning secara umum bisa dengan mempertajam kanvas model bisnis dan peta empati pelanggan.

 

Q: Bagaimana cara untuk membangun program reseller atau distributor didaerah? Bagaimana cara mengaturnya?

A:  1) Struktur biaya perlu ditetapkan supaya reseller modelnya tidak beragam/susah dimonitor

2) Barang yg dijual perlu menarik, supaya pasar mencari, sehingga reseller jadi tertarik menjualkan. Harus berorientasi pada pasar. 

3) cara mengatur bisa lewat platform digital supaya tidak makan waktu, dan Anda bisa fokus ke produk- salah satu mentor APINDO UMKM ahli di bidang ini - manajemen supply chain. Kalau nanti terseleksi ke fase mentorship bisa diskusi lebih banyak. 

 

Q: Untuk menambah variasi produk, adakah tenggang waktu (periode tertentu) meluncurkan produk atau berdasarkan situasi yang terjadi?

A: Momentum menentukan. Ketika berkompetisi, biasanya pertimbangannya adalah: momentum waktu, keahlian/niche, modal, harga/kualitas, dan segmentasi pasar.

 

Q: Untuk menambah variasi produk, adakah tenggang waktu (periode tertentu) meluncurkan produk atau berdasarkan situasi yang terjadi?

A: Momentum menentukan. Ketika berkompetisi, biasanya pertimbangannya adalah: momentum waktu, keahlian/niche, modal, harga/kualitas, dan segmentasi pasar.

  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.