Tips Membuat Action Plan yang Efektif

Tips Membuat Action Plan yang Efektif | TopKarir.com
14 APR 2021 16:25 PEMBEKALAN KARIR 89 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Setiap harinya manusia pasti disibukkan oleh suatu pekerjaan yang harus diselesaikan. Apapun pekerjaannya, pasti perlu adanya tanggung jawab yang harus dipenuhi dalam melaksanakan pekerjaan tersebut. Setiap tugas yang dikerjakan, pasti memiliki tujuan tersendiri yang harus diselesaikan sesuai apa yang direncanakan sebelumnya.

Berdasarkan hal tersebut, perlu adanya sebuah rencana agar bisa mewujudkan berbagai tujuan dan target pekerjaan itu agar selesai dengan semestinya. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk membuat sebuah action plan.

Apa itu action plan? Action plan adalah alat untuk dapat memudahkan kamu dalam mengatur sebuah tujuan yang telah dirancang sebelumnya, dan menyusun sebuah strategi atau langkah-langkah untuk mencapai tujuan tersebut.

Perlu kamu ketahui, manfaat yang didapat ketika kamu membuat action plan adalah adanya arahan yang baik mengenai pekerjaan yang kamu lakukan. Selain itu, kamu akan lebih fokus pada pekerjaan dan tujuan yang telah dirancang sebelumnya. Dan yang terakhir, kamu dapat berkomitmen terhadap pekerjaan yang dilakukan, sehingga progress pekerjaan kamu akan terlihat secara efektif.

Berdasarkan manfaat di atas, kamu perlu tahu tips membuat action plan yang efektif adalah sebagai berikut:

1.      Menyusun Rencana

Langkah awal yang perlu kamu lakukan dalam membuat action plan adalah menyusun rencana. Ketahuilah apa yang perlu kamu lakukan, tentukan secara spesifik apa yang ingin kamu capai sejak awal. Tentukan hal tersebut sebaiknya sebelum rencana dimulai.

Susunlah langkah untuk mencapai tujuan yang telah kamu buat. Setelah itu, bagilah menjadi beberapa langkah atau tugas kecil yang lebih mudah agar menjadi terarah dan realistis. Lalu, pastikan setiap tugas yang telah terlaksana kamu catat agar menjadi kepuasan sendiri karena telah menuntaskan pekerjaan tersebut.

 

 

2.      Mengelola Waktu

Agar waktu lebih efisien, kamu perlu membuat jadwal agar penyelesaian tugas menjadi lebih efektif dan efisien. Tentukan alokasi waktu untuk semua kegiatan dan menentukan tenggat waktu, sehingga tidak menyita waktu yang lebih panjang.

Pelajari cara mengalokasikan waktu yang baik, mulailah dengan mengalokasikan waktu untuk melakukan tugas dengan melihat prioritas, mana prioritas yang tertinggi dan setelahnya kamu dapat menentukan waktu untuk tugas-tugas lainnya.

Dan jangan lupa sediakan waktu untuk menyusun rencana mingguan, perhatikan kegiatan berdasarkan prioritas kepentingan. Hal tersebut perlu dilakukan, agar waktu yang kamu miliki dapat digunakan untuk mencapai target yang sudah kamu tentukan.

3.      Mempertahankan Motivasi

Dalam membuat action plan, motivasi sangat penting diperhatikan dengan tujuan menjadi semangat dalam menyelesaikan tugas yang telah dicatat ke dalam action plan. Untuk mempertahankan motivasi kamu perlu berpikir positif pada pekerjaan yang kamu lakukan, karena sikap positif itu sangat dibutuhkan dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Selain itu, mengetahui progres kerja yang sudah tercapai juga merupakan motivasi tersendiri bagi diri kamu. Karena, menunjukkan bahwa progres kerja meningkat itu akan membuat motivasi bekerja juga semakin meningkat. Hal tersebut akan berdampak pada action plan yang kamu buat akan berjalan dengan efektif. Dan terakhir, jangan lupa siapkan waktu untuk beristirahat, untuk menjaga motivasi kamu dalam bekerja.

4.      Menentukan Tujuan

Selanjutnya adalah menentukan sebuah tujuan. Di dalam action plan, kamu perlu menuliskan keinginan apa yang akan kamu capai. Setelah itu, melakukan sebuah riset untuk memilih cara terbaik dalam mencapai tujuan tersebut.

Perhatikan hal-hal yang akan mempengaruhi kamu dalam mencapai tujuan. Menentukan tujuan dalam action plan adalah hal terpenting, oleh karena itu buatlah strategi dalam mencapai tujuan yang telah kamu tentukan. Pastikan, setiap strategi atau langkah yang kamu gunakan sesuai atau relevan dengan tujuan kamu.

Itulah tips dalam membuat action plan secara efektif. Untuk itu, kamu perlu membuat action plan agar semua kegiatan terjadwal dan terarah, sehingga tujuan yang telah kamu tetapkan menjadi tercapai.

Itu tadi beberapa tips membuat action plan yang efektif. Masih banyak artikel tips karir yang bermanfaat dari NU Career. Jangan lupa registrasi ke NU Career untuk menemukan pekerjaan impianmu.

  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.