Pilihan Karier: Macam-macam Profesi di Bidang Seni

Pilihan Karier: Macam-macam Profesi di Bidang Seni | TopKarir.com
24 MAR 2021 20:16 PEMBEKALAN KARIR 179 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Memilih jenjang karier di bidang seni kini sudah semakin banyak diminati banyak orang. Ya, semakin majunya dunia digital, pekerja seni sekarang sudah lebih bisa melebarkan sayap mereka hingga profesi ini menjadi lebih menghasilkan. Industri kesenian juga semakin beragam hingga memberikan macam-macam profesi menjanjikan. 

 

Bukan hanya sebagai aktor, macam-macam profesi seni lainnya juga bisa jadi pilihan, lho! Penasaran ada apa saja? Berikut informasi selengkapnya. 

Art Director

 

Art director adalah eksekutif tingkat atas yang merancang dan mengarahkan tata letak, karya seni, grafik, ilustrasi, dan gaya visual untuk produksi. Art director mengawasi perencanaan, tata letak konseptual, desain foto, iklan, elemen visual majalah, surat kabar, kemasan, set film, atau produksi televisi. 

 

Direktur seni diharuskan memiliki minimal gelar sarjana di bidang seni, desain, fotografi, atau disiplin. Selain itu, peluang diterimanya posisi ini akan semakin besar ketika berkaitan dengan pengalaman kerja sebelumnya agar memenuhi syarat untuk bekerja. 

Commercial artist

 

Commercial artist  bertanggung jawab untuk mengembangkan dan membuat gambar yang digunakan dalam kampanye iklan, majalah cetak dan online, serta materi pengemasan. Profesi ini menafsirkan ide-ide konseptual dasar berdasarkan deskripsi pemberi kerja atau klien dan menghasilkan beberapa draf untuk memenuhi kebutuhan klien menggunakan sketsa tangan bebas atau program desain terkomputerisasi. 

 

Seniman komersial bekerja sama dengan klien, supervisor, dan staf lain untuk bertukar pikiran, menyempurnakan desain, dan meningkatkan pemahaman tentang pasar sasaran, masalah penganggaran, tujuan penjadwalan, dan tujuan proyek. 

 

Commercial artist biasanya dapat bekerja secara independen sebagai freelancer atau dalam perusahaan periklanan, perusahaan penerbitan, firma desain grafis, dan organisasi lain. Banyak seniman komersial diharuskan menyelesaikan minimal gelar sarjana dalam seni komersial untuk memenuhi syarat untuk pekerjaan tingkat awal. 

Animator

 

Animator bertanggung jawab atas pengembangan, pembuatan, dan produksi gambar bergerak yang digunakan untuk proyek situs web, permainan video, film, dan televisi. Animator menggunakan perangkat lunak komputer khusus, grafik komputer, dan gambar tangan untuk merancang dan menghasilkan animasi 2-D dan 3-D untuk papan cerita, model, dan karakter. 

 

Animator juga merancang iklan untuk digunakan di Internet serta menarik dan mengarahkan pengunjung online ke sejumlah situs web. Memenuhi syarat untuk posisi entry level sebagai animator membutuhkan penyelesaian studi tingkat sarjana dalam seni atau disiplin grafis komputer yang dikombinasikan dengan pengalaman kerja dan keterampilan teknis yang kuat. 

Interior designer

 

Desainer Interior adalah profesional yang menggabungkan fungsi, keamanan, gaya, dan keindahan untuk menciptakan ruang interior yang estetis. Desainer Interior bekerja sama dengan klien untuk menentukan tujuan dan tujuan proyek. Mereka juga mendesain sketsa dengan tangan atau menggunakan perangkat lunak komputer, memilih bahan dan peralatan, dan berencana untuk memastikan suatu ruangan memenuhi persyaratan klien. Mereka juga mengawasi semua aspek proyek untuk memastikan efisiensi waktu, batasan anggaran, dan pemasangan yang tepat. 

Desainer Grafis

 

Desainer Grafis adalah pencipta grafik dan gambar visual lainnya untuk organisasi publik dan swasta. Mereka menganalisis kebutuhan klien, merancang gambar visual, dan menghasilkan ilustrasi, teks, animasi, dan materi promosi yang digunakan untuk logo, tampilan, iklan, brosur pemasaran, dan papan nama. Desainer Grafis menggunakan perangkat lunak komputer khusus dan gambar sketsa tangan untuk majalah, situs web, surat kabar, jurnal, dan publikasi lainnya.

 

Mereka bekerja sama dengan profesional periklanan dan promosi, spesialis hubungan masyarakat, perwakilan pemasaran, dan anggota tim kreatif lainnya. Desainer Grafis sering memulai pekerjaan dalam posisi entry level setelah menyelesaikan program gelar sarjana yang berbasis di seni rupa atau disiplin desain grafis. 


Yuk simak tips karier lainnya di NU Career. Jangan lupa kunjungi situs resmi NU Career di https://www.nucareer.id/ untuk mencari beragam lowongan pekerjaan terbaik.


  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.