Perhatikan Hal Berikut Sebelum Membuat Iklan Lowongan Kerja

Perhatikan Hal Berikut Sebelum Membuat Iklan Lowongan Kerja | TopKarir.com
03 SEP 2020 14:47 RUANG HR 390 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Geliat dunia usaha semakin hari semakin berkembang, hal ini dilihat dari banyaknya merek usaha baru yang bermunculan memeriahkan pasar dagang di tanah air. Perkembangan dunia usaha membuat permintaan terhadap tenaga kerja juga semakin tinggi. Untuk mendapatkan tenaga kerja, pelaku usaha membuka iklan lowongan pekerjaan di berbagai media dan platform online.

 

Menemukan kandidat yang kompeten dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan bukan hal yang mudah. Pasalnya, bukan hanya perusahaan Anda yang ingin mendapatkan calon karyawan berkualitas. Persaingan menggaet pencari kerja juga terjadi, perusahaan harus berusaha membuat iklan lowongan kerja yang menarik agar pencari kerja mau melamar di perusahaan Anda. Karena itu sebelum membuat iklan lowongan kerja, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, diantaranya.

 

Cantumkan profil singkat perusahaan Anda

Sebuah iklan lowongan kerja bertujuan untuk menarik kandidat pelamar. Pencari kerja akan memilih perusahaan yang jelas profilnya untuk memudahkan mereka mengkroscek dan mencari tahu lebih detail tentang perusahaan. Karena itu, sebuah iklan lowongan kerja harus mencerminkan budaya serta visi misi perusahaan Anda.

 

Berikan informasi singkat berupa profil dan logo perusahaan Anda. Hal ini sekaligus membantu mengenalkan perusahaan kepada masyarakat luas. Profil ini juga termasuk informasi narahubung (contact person) dengan mencantumkan website resmi perusahaan, alamat email dan alamat kantor secara jelas guna mempermudah kandidat yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut seputar lowongan dan latar belakang perusahaan.

 

Sebutkan posisi yang dibutuhkan, deskripsi pekerjaan dan persyaratan

Mayoritas pencari kerja akan fokus pada posisi dan jabatan ketika membaca sebuah iklan lowongan kerja. Begitupun dengan deskripsi pekerjaan yang nantinya akan jadi tanggung jawab si pelamar ketika lolos menjadi karyawan. Deskripsi yang ditulis secara jelas dan rinci akan lebih menarik para pelamar, sebab mereka mendapatkan gambaran terkait pekerjaan yang akan dijalani nantinya dan bisa memperhitungkan perkembangan karirnya.

 

Selanjutnya cantumkan persyaratan (requirements) seperti memiliki pengalaman minimal 2 tahun di bidang yang sama atau mampu menguasai beberapa keahlian, seperti bahasa asing atau sertifikasi keahlian tertentu dll. Pada poin ini semua harus ditulis secara jelas dan padat. Mulai dari penyusunan kalimat sampai pengejaan, agar pencari kerja dapat lebih mudah memahami dan memutuskan. Hal ini juga berguna agar meminimalisir pertanyaan yang masuk dikarenakan deskripsi yang kurang jelas.

 

Tentukan kisaran gaji dan lokasi penempatan

Adanya kisaran gaji yang tertera di iklan loker semakin menarik para pencari kerja untuk mengajukan lamarannya. Tidak dapat dipungkiri gaji menjadi pertimbangan sebagian besar orang ketika memutuskan untuk bekerja di sebuah perusahaan. Sesuaikan gaji dengan deskripsi pekerjaan, jabatan, UMR atau kemampuan perusahaan. Kisaran gaji ini juga membantu pencari kerja untuk mempertimbangkan biaya hidupnya dengan penghasilan yang akan diterima. Sekaligus menyaring kandidat yang sesuai dan menyetujui penawaran gaji untuk mempermudah pekerjaan Anda sebagai recruiter.

 

Tidak kalah penting, cantumkan juga lokasi penempatan kerja, agar kandidat bisa mengukur jarak dan waktu yang diperlukan menuju lokasi kerja dan kesesuaian gaji dengan biaya transportasi/akomodasi mereka.

 

Cantumkan fasilitas dan benefit

Benefit dan fasilitas juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pelamar. Selain gaji pokok untuk memenuhi kebutuhan, pencari kerja juga memikirkan kenyamanan melalui fasilitas penunjang di luar gaji bulanan. Fasilitas dan benefit bisa meliputi fasilitas ruang kerja yang nyaman dan estetik, asuransi kesehatan (BPJS dan asuransi umum), uang makan dan transportasi, kemudahan KPR, dana pensiun, sertifikasi lembaga pelatihan karyawan terpercaya yang kredibel atau jenjang karir yang baik.

 

Gunakan platform yang tepat

Jika semua hal di atas sudah dirancang dengan baik, selanjutnya yang Anda lakukan adalah menentukan platform yang tepat untuk mempublish iklan lowongan kerja. TopKarir memberikan Anda kemudahan menemukan kandidat muda berkualitas yang siap berkontribusi untuk perusahaan Anda. Dengan sistem yang mudah digunakan, Anda bisa memposting lowongan kerja sendiri dan menyeleksi kandidat sesuai kebutuhan perusahaan.

 

GRATIS Job Posting selama 3 Bulan di TopKarir untuk Anda! Caranya dengan mendaftar di APINDO UMKM AKADEMI. Ikuti petunjuk pendaftarannya di link berikut ini https://bit.ly/2EBaHrd

 

Temukan jutaan kandidat yang siap kerja dan menjadi bagian dari perusahaan Anda. Informasi lebih lanjut hubungi kami di ayunda.pratami@topkarir.com. Tips-tips karir seputar HR lainnya bisa Anda temukan di Ruang HR TopKarir.

  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.