Panduan Lengkap Membuat CV untuk Mahasiswa Beserta Contoh

Panduan Lengkap Membuat CV untuk Mahasiswa Beserta Contoh | TopKarir.com
24 MAR 2021 20:17 LULUSAN BARU 975 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Dalam menyusun curriculum vitae (CV) saat masih berstatus mahasiswa, ada banyak contoh dan panduan lengkap yang bisa diikuti. Pada dasarnya, CV mahasiswa dengan CV pada umumnya merupakan hal yang sama. Namun yang membedakan, biasanya mahasiswa belum bisa memiliki banyak pengalaman kerja.

 

Karena belum banyak memiliki pengalaman kerja, CV mahasiswa bisa berfokus kepada minat, potensi, hingga kemampuan diri. Lebih mengeksplor diri daripada pengalaman relevan menjadi kunci di dalam CV mahasiswa. CV jenis ini biasanya sangat berguna bagi kamu yang ingin mulai program magang, atau sekedar mencari pengalaman kerja sebelum lulus.

 

Daftar Isi CV Mahasiswa

 

Sebelum memulai menyusun CV, kamu yang masih berstatus mahasiswa perlu memahami konten yang harus dicantumkan. Mulai dari data personal, hal yang diminati, hingga pengalaman di luar akademik, bisa menjadi sesuatu yang penting. Menjelaskan hal tersebut secara singkat, jelas, dan padat, merupakan hal yang paling penting untuk CV kamu.

 

CV yang baik dan benar, biasanya memiliki isi konten sebagai berikut.

 

Informasi personal

 

Mulai dari nama, alamat, hingga nomor kontak, merupakan hal yang paling penting untuk dicantumkan. Selain itu, alamat email dan media sosial LinkedIn juga cocok untuk memudahkan perekrut menghubungi kamu kembali. Selalu perhatikan kembali data diri yang telah kamu berikan.

 

Tentang diri

 

Setelah mencantumkan data informasi personal, kamu wajib menjelaskan tentang diri. Pastikan kamu bisa menjelaskan tentang diri kamu dengan singkat tanpa bertele-tele. Jelaskan diri kamu, kemampuan, hal yang disukai, hingga ambisi kamu, bisa cocok untuk dicantumkan.

 

Latar belakang pendidikan

 

Dalam mencantumkan latar belakang pendidikan, cukup hanya dua jenjang pendidikan terakhir. Perekrut tentu tidak terlalu ingin tahu latar belakang sekolah dasar kamu. Riwayat SMA hingga Kuliah biasanya sudah cukup bagi perekrut dalam menilai latar pendidikan kamu.

 

Pengalaman

 

Cantumkan pengalaman kerja dan jangan lupa untuk mendeskripsikan pengalaman tersebut. Selalu perhatikan jika pengalaman itu relevan atau tidak dengan posisi yang diinginkan. Pengalaman organisasi bisa menjadi hal yang cocok untuk dijelaskan.

 

Kemampuan

 

Selalu cantumkan kemampuan yang kamu kuasai. Selain itu, kamu juga bisa mencantumkan sertifikat pendukung atas kemampuan kamu tersebut. Semakin relevan dan bagus kemampuanmu, maka semakin besar juga peluang untuk lolos ke tahap interview.

 

Jika kamu merasa pengalaman kamu masih sedikit di CV, kamu juga bisa menambahkan kegiatan ekstrakurikuler, nilai akademik, minat, penghargaan, hingga riset atau projek selama menjadi mahasiswa. Penting rasanya untuk kamu menunjukkan perekrut, jika kamu merupakan kandidat yang memiliki nilai tinggi.

 

Contoh CV Mahasiswa

 

Daftar Riwayat Hidup

 

Wisnu Pradipta

wisnu.pradipta@gmail.com

085972xxx

Jl. Nanas, Makassar

Sulawesi Selatan, 35822

 

Tentang Saya

 

Saya Wisnu Pradipta, mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Harapan Utama, angkatan 2018. Pada tahun 2019 saya menjabat sebagai kepala divisi desain grafis di pers mahasiswa. Sebagai kepala di divisi tersebut, saya bertanggung jawab penuh atas desain dari majalah. Karena hal itu, saya selalu memiliki minat besar untuk berkarir di bidang desain dan grafis.

 

Pendidikan

 

2015-2018 SMAN 3 Makassar

2018- Masih ditempuh, S1 Ilmu Komunikasi Universitas Harapan Utama

 

Pengalaman

 

HarapanNews, Universitas Harapan Utama

Kepala Divisi Desain dan Grafis (2019-2021)

 

Sebagai kepala divisi desain grafis, saya bertanggung jawab atas desain dan konten grafis yang dimuat di HarapanNews. Selain itu, saya juga turut andil dalam menentukan tema dan desain untuk edisi terbaru majalah produksi HarapanNews.

 

Kemampuan

 

 

  • Photoshop
  • Illustrator
  • InDesign
  • Corel Draw
  • After Effects

 

 

Penghargaan

 

2018 Juara 1 Melukis Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan

2019 Mewakili Universitas Harapan Utama di Pameran Seni Sulsel 2019

2020 Menjadi pemateri dalam seminar desain dan grafis



Yuk simak tips karier lainnya di NU Career. Jangan lupa kunjungi situs resmi NU Career di https://www.nucareer.id/ untuk memperoleh pekerjaan impianmu.


  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.