Panduan Cara Membuat Google Form

Panduan Cara Membuat Google Form | TopKarir.com
05 APR 2021 13:26 PEMBEKALAN KARIR 309 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Google form menjadi salah satu aplikasi yang banyak dipakai masyarakat untuk berbagai keperluan. Untuk itu, cara membuat google form yang mudah perlu dipahami. Membuat Google form bisa dari berbagai perangkat, mulai dari web browser hingga smartphone browser. Untuk menggunakan aplikasi ini, kamu hanya perlu memiliki akun Google dan koneksi internet. 

 

Saat membuat formulir dengan Google, beberapa hal juga perlu kamu perhatikan. Salah satu di antaranya adalah kemampuan dalam mengelola Google Sheet. Sama seperti aplikasi Microsoft Excel, Google Sheet juga menjadi salah satu alat yang perlu kamu kuasai ketika merekap data dari hasil formulir.

 

Nah, jika menggunakan Google form, hasil dari formulir akan secara otomatis tersimpan dan dapat kamu akses melalui Sheet Google. Lantas seperti apa cara membuat formulir yang benar di Google?

 

Nah, berikut adalah panduan cara membuat Google form yang mudah diikuti:

Cara membuat Google form

  1. Login ke akun Google browser, jika belum punya, segera lakukan registrasi
  2. Buka situs Google Form lewat alamat docs.google.com lalu pilih menu (logo tiga garis) di kiri atas kemudian pilih Form
  3. Kamu juga bisa akses Form dengan membuka halaman browser Google kemudian pilih Google Drive dan pilih Google Form
  4. Di bagian atas tersedia beberapa template, jika ingin memulai dengan template baru pilih template blank dengan ikon +
  5. Isi judul Google Form dan diikuti deskripsi dibawahnya
  6. Kamu bisa buat daftar pertanyaan dengan model jawab, dari jawaban singkat, paragraf, multiple choice, hingga checkbox tinggal sesuaikan kebutuhan
  7. Jika ingin menambahkan pertanyaan baru, klik tanda + di sebelah kanan

 

Kemudian jika kamu ingin mendapatkan data responden dalam bentuk spreadsheet, masuk ke tab respons di bagian atas dan klik logo spreadsheet berwarna hijau. Klik create dan Google akan secara otomatis membuat file spreadsheet berisi tanggapan dari responden.

 

Selain itu, kamu juga bisa membagikan form ini dengan pengguna Google lainnya melalui alamat gmail. Kirim Google Form lewat menu Send di kanan atas, bisa lewat email, atau link yang tersedia dalam tab link.

 

Setelah orang-orang mengisinya, spreadsheet yang telah dibuat akan otomatis terisi data-data tersebut.

 

Itu dia panduan cara membuat google form. Masih banyak artikel tips karir yang bermanfaat dari NU Career. Jangan lupa registrasi ke NU Career untuk menemukan pekerjaan impianmu.

  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.