Mau Jadi Desainer Motion Graphic? Ketahui Skill dan Tanggung Jawabnya

Mau Jadi Desainer Motion Graphic? Ketahui Skill dan Tanggung Jawabnya | TopKarir.com
07 APR 2021 17:37 SEPUTAR KARIR 143 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Kamu ingin berkarier sebagai seorang desainer motion graphic? Sebelum menentukan apakah karier sebagai desainer motion graphic cocok untukmu, yuk pelajari dulu skill yang wajib dimiliki dan apa saja tanggung jawabnya.

 

Seperti pekerjaan lainnya, desainer motion graphic memiliki kualifikasi yang harus dipenuhi. Apalagi profesi ini mengharuskan untuk menguasai sejumlah software khusus. Pekerjaan ini membutuhkan skill teknis dan non teknis.

 

Selain penguasaan software, desainer motion graphic juga perlu belajar beberapa teori yang berhubungan dengan desain, demi menciptakan karya yang maksimal. Yuk pelajari selengkapnya mengenai desainer motion grafis.

 

Skill yang Harus Dimiliki Desainer Motion Graphic

 

Selain skill teknis seperti menguasai software-software desain, lima skill ini wajib dimiliki oleh para desainer motion graphic.

 

  1. Seni tradisional/manual

 

Memiliki keterampilan seni tradisional alias manual sangat berguna bagi seorang desainer motion. Kamu akan lebih mudah untuk membuat sketsa ide awal dari motion graphic yang ingin dibuat sebelum mengaplikasikannya di software. Sketsa yang kamu buat secara manual di atas kertas bakal mempercepat ritme kerja. 

 

  1. Typography

 

Ya, skill typography penting dimiliki seorang desainer motion. Typography dianggap sebagai aspek terpenting dari motion graphic. Kamu harus tahu elemen apa saja yang membentuk typography.

 

Pelajari apa jenis tipografi yang paling mudah dibaca oleh audiens. Pilih font yang tepat. Ini tidak hanya masalah bentuk tapi juga warnanya.

 

  1. Teori Warna

 

Berhubungan dengan typography, teori warna juga wajib diketahui oleh desainer grafis dan desainer motion grafis. Warna adalah aspek yang akan menghidupi sebuah desain.

 

Warna yang ditaruh di dalam desain motion harus bisa sesuai dengan pesan yang disampaikan. Sesuaikan warna dengan suasana hati dan perasaan yang ingin dirasakan oleh audiens.

 

  1. Creative thinking

 

Skill berpikir kreatif wajib dimiliki seorang desainer motion graphic. Ini penting untuk membuat desain motionnya terlihat hidup. Kreativitas penting untuk mengubah ide yang paling sederhana menjadi karya motion yang menarik perhatian audiens. Skill ini bisa dilatih dan dikembangkan seiring banyaknya pengalaman.

 

  1. Orisinalitas

 

Seorang desainer motion wajib punya orisinalitas. Bukan tidak boleh untuk menjadikan karya orang lain sebagai inspirasi. Namun kamu sebaiknya punya keunikan tersendiri dalam desainmu yang membedakan dengan milik orang lain.

 

Setiap desainer biasanya pasti punya gayanya masing-masing. Hal ini juga butuh waktu untuk dikembangkan,seiring banyaknya pengalaman. Banyak-banyaklah melihat inspirasi karya seni untuk mencari tahu gaya khas milikmu sendiri.

 

Tanggung Jawab Desainer Motion Graphic

 

Setelah mengetahui skill yang wajib dikuasai oleh seorang desainer motion grafis, sekarang giliran kamu untuk mengetahui tanggung jawab profesi ini. Berikut contoh tanggung jawabnya.

 

  • Merancang dan membuat motion graphic yang memikat dalam bentuk video
  • Menyiapkan rencana desain, konsep, dan layout untuk motion graphic
  • Membuat dan menghasilkan motion graphic untuk berbagai jenis media termasuk web, ponsel, dan lain-lain
  • Bekerja dengan rim kreatif untuk memahami cakupan dan tujuan dari proyek yang dikerjakan
  • Membantu memilih audio, video, warna, dan animasi untuk desain grafis.
  • Bekerja sama dengan editor, produser, dan desainer lainnya untuk menyelesaikan masalah teknis yang berhubungan dengan desain.
  • Mengedit rekaman video mentah dengan menambahkan efek demi menyempurnakan motion graphic.
  • Menganalisis teknis dan solusi desain terbaik untuk menciptakan motion graphic.
  • Membantu merancang storyboard.
  • Berpartisipasi dalam brainstorming untuk memaparkan die desain baru.
  • Menambah pengetahuan terkini mengenai teknik desain grafis terbaru.
  • Mematuhi pedoman yang dibuat perusahaan mengenai standar desain


Nah, itu dia skill yang harus dimiliki dan tanggung jawab kerja seorang desainer motion graphic. Masih banyak artikel tips karir yang bermanfaat dari NU Career. Jangan lupa registrasi ke NU Career untuk menemukan pekerjaan impianmu.


  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.