Manfaat Program Pengembangan Karir Bagi Karyawan dan Perusahaan

Manfaat Program Pengembangan Karir Bagi Karyawan dan Perusahaan | TopKarir.com
03 SEP 2020 14:48 RUANG HR 1202 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Perusahaan yang besar adalah perusahaan yang mampu mendukung dan memberikan peluang kesuksesan untuk setiap karyawannya. Pengembangan karir merupakan bentuk kegiatan yang ditujukan untuk mencapai tujuan karir karyawan dan mewujudkan visi dan misi perusahaan. Program ini merupakan salah satu dukungan perusahaan sebagai upaya mendorong dan memotivasi karyawan agar mampu mengembangkan karirnya menjadi lebih baik dari segi posisi maupun pendapatan.

 

Melalui program pengembangan karir yang terencana, motivasi kerja karyawan akan meningkat begitupun dengan tingkat kepuasan kerja. Hal tersebut akan mendorong performa karyawan menjadi lebih baik dan berdampak positif pada perusahaan itu sendiri. TipsKarir sebelumnya, kita sudah membahas tentang apa itu pengembangan karir, di sini Anda mengetahui lebih lanjut mengenai manfaat pengembangan karir bagi perusahaan dan karyawan.

 

Manfaat Pengembangan Karir untuk Perusahaan

Mendukung career path setiap karyawan

Career path (jenjang karir) diartikan sebagai satu rangkaian proses yang harus dilalui oleh setiap karyawan untuk mencapai tingkatan posisi lebih tinggi dalam internal perusahaan. Setiap karyawan pasti ingin memiliki jenjang karir yang terus berkembang secara vertikal, bergerak dari posisi awal ke posisi yang lebih tinggi. Hal ini merupakan salah satu tanggung jawab perusahaan untuk memberikan kesempatan mengembangkan potensi, minat keterampilan dan kemampuan yang dimiliki oleh karyawan.

 

Keterbukaan antara karyawan dan perusahaan perihal rencana karir

Program pengembangan karir sejatinya harus berjalan selaras antara perusahaan melalui departemen HR dan peran serta karyawan itu sendiri. Karena itu, penting bagi Anda dan karyawan yang bersangkutan untuk melakukan diskusi secara terbuka perihal rencana dan harapan karir yang diinginkan setiap karyawan, serta membicarakan kesempatan karir yang tersedia di perusahaan.

 

Anda dapat memberikan informasi kepada para karyawan tentang kesempatan meraih jabatan dan kemungkinan-kemungkinan realistis yang bisa didapat dalam perusahaan Anda. Mintalah karyawan Anda untuk mempertimbangkan pilihan yang diberikan dan cari tahu seberapa besar keinginannya untuk berkontribusi lebih demi kemajuan perusahaan.

 

Menyelaraskan tujuan perusahaan dan karyawan

Manfaat program pengembangan karir bersifat mutual, perusahaan dan karyawan akan saling memberi manfaat secara berkesinambungan. Karyawan yang berhasil mengembangkan potensinya dan meraih posisi/jabatan/salary yang lebih tinggi akan berkontribusi dan memiliki tanggung jawab yang lebih kompleks bagi perusahaan. Hal tersebut akan berdampak bagi perusahaan untuk membantu memperkuat pelaksanaan program-program dan tercapainya tujuan perusahaan.

 

Mengurangi tingkat turnover

Pengembangan karir membuka kesempatan bagi karyawan yang ingin meningkatkan karirnya melalui pelatihan dan edukasi. Setiap karyawan pasti tidak ingin mempunyai karir yang stagnan, mereka menginginkan perubahan jabatan/posisi ke arah yang lebih baik.

 

Selain untuk mendapatkan penghasilan, tujuan karyawan bekerja juga untuk mencapai kesuksesan karir. Namun, tanpa adanya kejelasan jenjang karir, karyawan Anda akan merasakan kebosanan dan kegalauan terkait masa depan karirnya. Terlalu lama menjabat di satu posisi dalam tempo yang lama menjadi salah satu alasan besar kenapa karyawan ingin mengundurkan diri.

 

Iklim kerja perusahaan jadi lebih sehat

Iklim kerja yang baik di sebuah perusahaan akan semakin mendorong semangat kerja karyawan, serta menumbuhkan karyawan bermental sehat. Jika setiap karyawan merasa puas dengan situasi dan kondisi bekerja, maka lingkungan perusahaan akan lebih kondusif. Sehingga bukan hal yang sulit bagi perusahaan untuk mewujudkan tujuan yang ingin dicapai. Oleh karena itu, pengembangan karir sudah seharusnya diagendakan secara berkelanjutan.

 

Manfaat Pengembangan Karir untuk Karyawan

Mampu memahami dan mengembangkan Passion-nya

Untuk bisa mengembangkan karirnya, seorang karyawan harus mampu mengenali passion atau minat & bakat yang ia miliki. Dengan memahami passion, produktivitas, kreativitas, dan inovasi seorang karyawan akan lebih berkembang karena ia mengerjakan apa yang disukai.

 

Passion sendiri aspek penting dari dalam diri yang harus digali untuk pengembangan karir. Jika bakat, minat dan semangat belum ditemukan, maka akan mempengaruhi kinerja menjadi kurang baik. Sedangkan bagi perusahaan, akan lebih mudah untuk memetakan karyawan dan mengidentifikasi potensi untuk bisa dikembangkan.

 

Motivasi kerja meningkat

Motivasi bekerja yang berasal dari dalam diri menjadi kekuatan untuk bekerja lebih maksimal. Program pengembangan karir akan membuat karyawan memiliki tingkat kepercayaan diri yang lebih baik, karena mereka diberi kepercayaan untuk mengembangkan potensi yang dimiliki.

 

Motivasi diri akan tumbuh dengan baik jika Anda memberi karyawan kesempatan untuk berkembang. Karyawan dengan motivasi kerja yang tinggi akan menghasilkan prestasi, hasil kerja yang lebih maksimal, loyalitas yang tinggi dan kontribusi yang besar bagi perusahaan.

 

Relasi yang semakin luas

Pengembangan karir akan membuat karyawan memiliki kesempatan bertemu dengan banyak pihak, baik internal maupun eksternal perusahaan. Karyawan bisa memanfaatkannya untuk membangun relasi melalui interaksi dan sharing pengalaman sekaligus mempelajari proses kesuksesan karir seseorang.

 

Relasi bisa menjadi faktor yang menentukan kesuksesan karir karyawan. Mereka akan lebih mudah menemukan klien, menjalin kerjasama, melakukan lobi dan negosiasi dan mendapatkan tawaran karir yang lebih menjanjikan.

 

Peningkatan kesejahteraan

Program pengembangan merupakan bentuk jaminan peningkatan kesejahteraan bagi karyawan. Pelatihan, pengalaman dan pembelajaran yang diterima karyawan menjadi modal untuk berprestasi dan meraih jabatan/posisi yang lebih tinggi. Hal tersebut tentu juga berpengaruh pada meningkatnya gaji karyawan.

 

Meningkatnya kesejahteraan karyawan juga mempengaruhi kinerja dan loyalitas karyawan terhadap perusahaan Anda. Sehingga mereka bisa memberikan kontribusi yang lebih besar untuk kemajuan perusahaan.

 

Itu tadi manfaat program pengembangan karir bagi karyawan dan perusahaan Anda. Temukan talenta muda terbaik untuk bergabung bersama perusahaan Anda di TopKarir. Dapatkan akses dan sistem rekrutmen yang mudah dengan fitur sortir kandidat. Segera hubungi kami di sini untuk mendapatkan penawaran terbaik. Tips-tips karir lainnya seputar HR bisa Anda temukan di Ruang HR TopKarir.

  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.