Pelatihan Kerja & Sertifikasi Online Berkualitas TopEdu | nucareer.id
topkarir-logo
Pencari Karir Pencari Kandidat

Management Trainee: Pengertian, Syarat dan Manfaat Bergabung

14 April 2021 17:04 1991 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Management Trainee atau biasa disebut MT, merupakan program andalan yang diminati banyak fresh graduate dalam suatu perusahaan. Program ini biasanya menyasar mereka yang masih muda, dipersiapkan untuk mengambil peran sebagai manajer atau supervisor dalam sebuah perusahaan di kemudian hari. Program ini seringkali jadi dambaan banyak orang.

 

Pada dasarnya, seorang MT akan mendapatkan ilmu penting dalam mengelola berbagai aspek dalam perusahaan. Karenanya, dibutuhkan orang yang bisa diandalkan, kuat dalam tekanan, hingga cerdas, dalam menempati posisi ini. Seorang MT seringkali akan belajar langsung ke manajer atau supervisor di perusahaan tersebut.

 

Pengertian Management Trainee

 

Nah, untuk lebih paham apa itu MT, yuk simak dulu arti dan pengertian, hingga apa saja yang dilakukan Management Trainee.

 

Seperti yang sudah dijelaskan, MT merupakan sebuah program yang menawarkan seseorang, untuk dipersiapkan sebagai pemimpin masa depan di sebuah perusahaan. Dalam proses itu, seorang MT akan dilibatkan cara sebuah perusahaan bekerja, agar ia bisa siap di kemudian hari. Perusahaan yang memiliki program ini, biasanya menjadikan MT sebagai investasi.

 

Ada banyak hal yang dilakukan oleh seorang MT dalam perusahaan, walau begitu biasanya deskripsi pekerjaan di setiap perusahaan bisa berbeda. Umumnya, seorang MT akan dituntut untuk belajar seputar fungsi dari perusahaan, kebijakan, hingga tugas setiap karyawan. Membuat strategi untuk memaksimalkan performa perusahaan juga merupakan tugas MT.

 

Selain beberapa hal di atas, berikut ini merupakan hal umum yang biasanya dilakukan management trainee.

 

  • Belajar mengenai seluk beluk perusahaan
  • Berkolaborasi untuk membuat strategi yang dapat memaksimalkan performa
  • Berkolaborasi dalam proses pengembangan dan kinerja perusahaan
  • Belajar tentang meresolusi sebuah konflik di dalam perusahaan
  • Membuat, mempresentasikan, dan mengembangkan sebuah projek
  • Menganalisa performa, laba dan penjualan perusahaan
  • Menganalisa trend yang berkembang untuk menentukan arah perusahaan
  • Belajar segala fungsi organisasi dalam perusahaan
  • Berlatih di bawah supervisor untuk memahami prosedur, standar, dan metode yang digunakan dalam menghadapi sebuah isu

 

Persyaratan untuk Menjadi Management Trainee

 

Setiap perusahaan tentu memiliki persyaratan yang berbeda. Namun pada intinya, program ini membutuhkan seseorang yang cerdas, memiliki jiwa kepemimpinan, bertanggung jawab, memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, hingga daya analisis tajam dalam memecahkan masalah. Segala hal tersebut biasanya wajib ada jika ingin turut serta menjadi MT.

 

Manfaat Bergabung dengan Management Trainee

 

Selain untuk networking, MT juga memiliki banyak manfaat yang lain. Mulai dari terpapar cara jalannya perusahaan, hingga jenjang karir yang bisa berjalan melesat, bisa menjadi manfaat dari program ini. Selain itu, kamu juga bisa bisa memiliki nilai jual yang tinggi atas kemampuan yang kamu dapatkan dalam program ini.

 

Dengan banyak ilmu, fasilitas, hingga manfaat yang didapat, tentu seorang MT juga memiliki segudang tanggung jawab yang berat. Maka dari itu, jika kamu ingin turut serta dalam program ini, matangkan kembali niat, jangan hanya mengandalkan manfaatnya saja. Bagaimana, apakah kamu berminat untuk menjadi seorang management trainee?


Masih banyak artikel tips karir yang bermanfaat dari NU Career. Jangan lupa registrasi ke NU Career untuk menemukan pekerjaan impianmu.

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Cara Efektif Menyampaikan Kritik ke Rekan Kerja

Cara Efektif Menyampaikan Kritik ke Rekan Kerja

Dalam ekosistem kerja, berbeda cara pandang sudah jadi hal yang biasa. Terkadang rekan kerja atau kita sendiri melakukan kesalahan yang bisa mempengaruhi visi perusahaan. Memberi dan menerima kritik sudah jadi makanan sehari-hari, tapi seringkali kritik malah memunculkan konflik. Tidak mau kan hal itu terjadi? Sebelum menyampaikan kritik ke teman kerja, yuk perhatikan tips berikut ini.     Pahami permasalahanya berdasarkan fakta   Sebelum menyampaikan kritik, kamu harus paham dulu apa kesalahan teman kantor kamu berdasarkan fakta yang logis. Jangan cepat menyimpulkan mana yang benar dan salah, karena setiap orang punya latar belakang masalah yang berbeda, telusuri dulu akar masalahnya. Cermati kinerja rekanmu, jangan membawa penilaian pribadi, sampaikan kritik secara objektif.     Tahan emosi dan atur intonasi   Kenali dulu karakter rekan kerja kamu, kalau dia orangnya sensitif dan lembut kamu bisa memakai intonasi yang halus, kalau dia orang yang keras kamu bisa menyampaikan kritik dengan nada lebih tegas. Kontrol juga emosi kamu, sebesar apapun kesalahannya, sampaikan kritik dengan tenang, kalau kamu berapi-api bisa jadi dia semakin gak peduli. Buat suasana kantor tetap nyaman tanpa mancing permusuhan.     Berikan saran positif   Jangan buat rekan kerjamu merasa terpojok dengan tuduhan dan kata-kata yang menjatuhkan. Coba deh kamu kasih saran dan masukan yang membangun, itulah yang sebenarnya dia butuhkan.     Beri semangat dan dukungan   Bagaimanapun juga kamu dan rekan kerjamu saling membutuhkan, usahakan agar dia tidak down. Di akhir pembicaraan kamu bisa memberikan semangat dengan menepuk bahunya, mengajaknya berpelukan, dan jangan lupa kasih senyuman. Semangati dia dengan kata-kata yang memotivasi agar permasalahannya bisa segera teratasi.   Itu tadi 4 cara yang bisa kamu coba sebelum menyampaikan kritik ke rekan kerja. Yuk temukan tips-tips lainnya seputar karir di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya di Play Store dan App Store sekarang juga.
5 Aplikasi Penunjang Kerja Agar Lebih Produktif

5 Aplikasi Penunjang Kerja Agar Lebih Produktif

Teknologi diciptakan manusia untuk memudahkan hidupnya. Perkembangan teknologi berbasis internet menawarkan solusi untuk beragam masalah sehari-hari. Ponsel pintar dengan banyak aplikasi yang ditawarkan tak hanya menawarkan kemudahan untuk urusan komunikasi, belanja, hingga tetap update akan situasi dunia tapi kamu juga bisa meningkatkan produktivitas diri dengan bantuan aplikasi yang tersedia. Aplikasi-aplikasi yang direkomendasikan ini dijamin bisa membantu kamu meningkatkan produktivitas. Simak ya!   Evernote Kamu punya banyak catatan pekerjaan atau kuliah yang harus ditulis? Malas bawa buku catatan? Pakai Evernote saja! Setiap kali kamu menyimpan catatan, aplikasi ini akan mengunggah (upload) data Evernote kamu ke server. Jadi, kamu tidak perlu khawatir jika ponsel kamu lowbat atau hilang. Semua data kamu tetap dapat diakses kapan pun dan di mana saja. Selain pada ponsel, kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini melalui situs web (website) Evernote. Dengan demikian, kamu bisa mengakses catatan yang tersimpan pada ponsel melalui komputer.   Forest Aplikasi ini menawarkan cara yang menyenangkan untuk melatih fokus kamu. Forest dirancang untuk membantu meningkatkan fokus kamu. Jadin setiap kali kamu ingin berkonsentrasi pada tugas yang diberikan, aktifkan aplikasi ini. Saat kamu sedang menyelesaikan tugas-tugas, pohon akan tumbuh. Semakin lama kamu berkonsentrasi pada tugas, semakin banyak pohon yang tumbuh hingga membentuk hutan virtual. Penasaran kan?   DropBox Ini mungkin aplikasi yang paling dikenal umum. DropBox adalah cara termudah untuk menyimpan dokumen penting dalam satu tempat. Tersedia pada desktop dan mobile, aplikasi ini memungkinkan kamu mengunggah dokumen dari PC atau Mac, dan membukanya kembali pada perangkat mobile atau desktop lain.    Any.do. Any.do adalah aplikasi yang diperuntukkan bagi kamu yang sibuk atau pelupa. Aplikasi ini akan mempermudah pengelolaan waktu dan juga pembagian aktivitas kamu sehari-harinya. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, kamu bisa membuat daftar untuk hal-hal yang harus dikerjakan dan kamu juga dapat mengatur jadwal aktivitas kamu setiap harinya. Dengan demikian, kamu tidak akan lupa dengan segala rencana kamu dan hidup kamu akan menjadi lebih teratur.   Google Drive Google Drive menyediakan layanan awan dengan kapasitas ruang penyimpanan data 5GB. Tentu saja, Google Drive terintegrasi dengan akun GMail. kamu dapat membuat, mengedit, dan menyimpan data ke Google Drive melalui perangkat Android. Aplikasi ini juga bisa dijalankan tanpa koneksi internet. Hebat kan?   Nah itu dia Sahabat Topkarir, dengan adanya aplikasi diatas maka kamu bisa menunjang produktivitas pekerjaanmu. Yuk temukan tips karir lainnya di ww.topkarir.com. Semangat Sahabat TopKarir!
Komentar