Management Trainee: Pengertian, Syarat dan Manfaat Bergabung

Management Trainee: Pengertian, Syarat dan Manfaat Bergabung | TopKarir.com
14 APR 2021 17:48 PEMBEKALAN KARIR 613 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Management Trainee atau biasa disebut MT, merupakan program andalan yang diminati banyak fresh graduate dalam suatu perusahaan. Program ini biasanya menyasar mereka yang masih muda, dipersiapkan untuk mengambil peran sebagai manajer atau supervisor dalam sebuah perusahaan di kemudian hari. Program ini seringkali jadi dambaan banyak orang.

 

Pada dasarnya, seorang MT akan mendapatkan ilmu penting dalam mengelola berbagai aspek dalam perusahaan. Karenanya, dibutuhkan orang yang bisa diandalkan, kuat dalam tekanan, hingga cerdas, dalam menempati posisi ini. Seorang MT seringkali akan belajar langsung ke manajer atau supervisor di perusahaan tersebut.

 

Pengertian Management Trainee

 

Nah, untuk lebih paham apa itu MT, yuk simak dulu arti dan pengertian, hingga apa saja yang dilakukan Management Trainee.

 

Seperti yang sudah dijelaskan, MT merupakan sebuah program yang menawarkan seseorang, untuk dipersiapkan sebagai pemimpin masa depan di sebuah perusahaan. Dalam proses itu, seorang MT akan dilibatkan cara sebuah perusahaan bekerja, agar ia bisa siap di kemudian hari. Perusahaan yang memiliki program ini, biasanya menjadikan MT sebagai investasi.

 

Ada banyak hal yang dilakukan oleh seorang MT dalam perusahaan, walau begitu biasanya deskripsi pekerjaan di setiap perusahaan bisa berbeda. Umumnya, seorang MT akan dituntut untuk belajar seputar fungsi dari perusahaan, kebijakan, hingga tugas setiap karyawan. Membuat strategi untuk memaksimalkan performa perusahaan juga merupakan tugas MT.

 

Selain beberapa hal di atas, berikut ini merupakan hal umum yang biasanya dilakukan management trainee.

 

  • Belajar mengenai seluk beluk perusahaan
  • Berkolaborasi untuk membuat strategi yang dapat memaksimalkan performa
  • Berkolaborasi dalam proses pengembangan dan kinerja perusahaan
  • Belajar tentang meresolusi sebuah konflik di dalam perusahaan
  • Membuat, mempresentasikan, dan mengembangkan sebuah projek
  • Menganalisa performa, laba dan penjualan perusahaan
  • Menganalisa trend yang berkembang untuk menentukan arah perusahaan
  • Belajar segala fungsi organisasi dalam perusahaan
  • Berlatih di bawah supervisor untuk memahami prosedur, standar, dan metode yang digunakan dalam menghadapi sebuah isu

 

Persyaratan untuk Menjadi Management Trainee

 

Setiap perusahaan tentu memiliki persyaratan yang berbeda. Namun pada intinya, program ini membutuhkan seseorang yang cerdas, memiliki jiwa kepemimpinan, bertanggung jawab, memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, hingga daya analisis tajam dalam memecahkan masalah. Segala hal tersebut biasanya wajib ada jika ingin turut serta menjadi MT.

 

Manfaat Bergabung dengan Management Trainee

 

Selain untuk networking, MT juga memiliki banyak manfaat yang lain. Mulai dari terpapar cara jalannya perusahaan, hingga jenjang karir yang bisa berjalan melesat, bisa menjadi manfaat dari program ini. Selain itu, kamu juga bisa bisa memiliki nilai jual yang tinggi atas kemampuan yang kamu dapatkan dalam program ini.

 

Dengan banyak ilmu, fasilitas, hingga manfaat yang didapat, tentu seorang MT juga memiliki segudang tanggung jawab yang berat. Maka dari itu, jika kamu ingin turut serta dalam program ini, matangkan kembali niat, jangan hanya mengandalkan manfaatnya saja. Bagaimana, apakah kamu berminat untuk menjadi seorang management trainee?


Masih banyak artikel tips karir yang bermanfaat dari NU Career. Jangan lupa registrasi ke NU Career untuk menemukan pekerjaan impianmu.


  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.