Hanya 5 Cara Meningkatkan Brand Awareness Untuk Bisnis Pemula

Hanya 5 Cara Meningkatkan Brand Awareness Untuk Bisnis Pemula | TopKarir.com
07 APR 2021 17:36 PEMBEKALAN KARIR 22 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Punya ide bisnis tapi takut untuk merealisasikan ide bisnis kamu? Jangan takut, karena banyak cara untuk kamu agar dapat merealisasikan ide bisnis kamu sekarang juga. Hal biasa yang sering ditakuti adalah produk yang kamu tawarkan tidak laku dijual karena brand atau merek kamu belum terkenal. Jangan khawatir, pada artikel kali ini akan dijelaskan bagaimana cara meningkatkan brand awareness untuk kamu para bisnis pemula.

Brand awareness atau kesadaran merek adalah kondisi di mana seseorang mampu dalam mengenali dan menyebutkan kembali merek yang mereka ketahui berdasarkan nama, logo, gambar atau slogan brand tertentu.

Brand awareness sangat penting untuk ditingkatkan karena dapat mempengaruhi seseorang dalam memilih, membeli dan setia pada produk yang diinginkan dengan brand yang diketahui. Ketika brand awareness bisnis kamu di tengah masyarakat meningkat, maka masyarakat akan memilih dan membeli produk yang kamu tawarkan. Oleh karena itu, penting bagi kamu pebisnis pemula dalam meningkatkan brand awareness kamu.

Berikut adalah cara yang tepat dalam meningkatkan brand awareness untuk bisnis pemula:

1.      Optimalkan Identitas Bisnis Kamu

Identitas bisnis perlu kamu optimalkan untuk dapat menjadi perhatian banyak orang. Buatlah identitas bisnis yang berbeda dari yang lain, berikan keunikan pada identitas bisnis kamu. Identitas yang berbeda ini juga akan membuat merek bisnis kamu akan lebih mudah dikenal masyarakat karena berbeda dibandingkan merek lainnya.

Optimalkan identitas bisnis kamu dengan cara memberikan kesan yang otentik yaitu kesan jujur dan terpercaya. Buatlah visi dan misi yang dapat menjadi inspirasi bagi kamu, karyawan dan pelanggan. Selain itu, keduanya juga penting untuk pedoman pemasaran produk kamu.

2.      Gunakan Media Yang Tepat

Ketika kamu sudah mengoptimalkan identitas bisnis kamu, kini saatnya kamu mempromosikan brand kamu dengan menggunakan media yang tepat. Pilih platform media sosial yang paling tepat untuk kamu gunakan sebagai media promosi brand kamu.

Fokus pada setiap platform media yang kamu gunakan dengan memperhatikan target pasar yang kamu inginkan. Jika menggunakan semua jenis platform media sosial akan mempersulit kamu untuk meningkatkan brand awareness.

 3.      Memanfaatkan Influencer

Selain kamu memanfaatkan media sosial sebagai media dalam meningkatkan brand awareness bisnis kamu. Kamu dapat memanfaatkan keberadaan influencer saat ini. Influencer adalah seseorang yang memiliki pengaruh cukup kuat dalam mempengaruhi orang lain untuk memilih dan membeli barang yang dipromosikan.

Pilih seorang influencer sesuai dengan produk yang kamu tawarkan. Biasanya, seorang influencer memiliki ide-ide kreatif dalam mempromosikan sebuah produk. Untuk itu, perlu bagi kamu para pebisnis pemula untuk memanfaatkan keberadaan influencer dalam meningkatkan brand awareness bisnis kamu.

4.      Konten Marketing

Konten marketing perlu diperhatikan dalam meningkatkan brand awareness. Konten yang dibuat akan membantu meningkatkan brand awareness dan pada akhirnya menambah jumlah konsumen. Perlu diingat bahwa konten untuk brand awareness adalah untuk memberi informasi kepada pembaca, bukan untuk menjual barang atau jasa yang kamu tawarkan.

Konten marketing yang dimaksud disini adalah konten yang positif dan informatif yang melibatkan konsumen. Tujuan dari konten marketing adalah membantu bisnis kamu untuk menekankan citra dan pesan dari bisnis kamu. Untuk memulai konten marketing langkah pertama yang dapat kamu ambil adalah membuat strategi yang jelas dan tepat sasaran.

5.      Video Marketing

Selain konten marketing, cara lain dalam meningkatkan brand awareness bisnis pemula adalah dengan membuat video marketing. Cara ini sangat populer dalam mencari perhatian banyak orang terhadap brand atau merek pada bisnis kamu. Video marketing adalah salah satu cara untuk kamu mencapai atau mendapatkan calon pembeli secara luas. Dalam membuat video, pastikan kamu mengetahui segmentasi pasar bisnis kamu.

Itulah lima cara dalam meningkatkan brand awareness untuk kamu yang baru ingin memulai berbisnis. Jika kamu tekun dalam mempelajari bagaimana cara menjalankan bisnis yang baik, kamu tidak perlu takut untuk merealisasikan ide bisnis kamu. Yuk, coba realisasikan ide bisnis yang telah kamu bangun, dan tingkatkan ide bisnis tersebut dengan cara penjelasan di atas.

Masih banyak artikel tips karir yang bermanfaat dari NU Career. Jangan lupa registrasi ke NU Career untuk menemukan pekerjaan impianmu.


  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.