Cara Membuat Portofolio Kerja di Smartphone yang Mudah dan Praktis

Cara Membuat Portofolio Kerja di Smartphone yang Mudah dan Praktis | TopKarir.com
14 APR 2021 16:30 PEMBEKALAN KARIR 65 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Membangun portofolio yang sederhana dan menarik tentu bisa memudahkan jalan kamu mendapatkan pekerjaan atau klien yang diinginkan.  Dengan teknologi yang semakin canggih, membuat portofolio kerja pun kini bisa dikerjakan menggunakan smartphone. Selain itu, membuat portofolio sederhana melalui telepon genggam juga lebih mudah diakses.

 

Karena mudah diakses, tentu lebih banyak recruiter yang bisa melihat karya profesional kamu tersebut. Segudang aplikasi sudah banyak bisa diakses melalui telepon genggam, mulai dari Galereya, Blueimp Gallery, hingga media sosial seperti Instagram dan Pinterest, bisa menjadi aplikasi yang ramah untuk ponsel dalam membuat portofolio.

 

Cara Membuat Portofolio Kerja di Smartphone

 

Untuk menghindari ribet, yuk simak beberapa cara berikut ini untuk membuat portofolio kerja di smartphone!

 

Tentukan aplikasi dan tools yang digunakan

 

Sebelum membangun portofolio, tentukan dulu aplikasi atau tools yang sesuai untuk keahlian kamu. Perhatikan terlebih dahulu jenis karya yang ingin kamu tampilkan dalam portofolio sebelum memilih menggunakan aplikasi atau tools yang seperti apa. Sesuaikan jenis portofolio dengan aplikasi atau situs yang ingin digunakan.

 

Gunakan tipografi, logo, dan gambar emoji yang universal

 

Perhatikan untuk selalu menggunakan tipografi, logo, hingga gambar emoji yang bisa diakses oleh banyak gadget. Karena ada beberapa tipografi terkadang hanya bisa diakses oleh perangkat dengan software tertentu saja. Jangan sampai portofolio yang sudah disusun tidak bisa terbaca di perangkat lain.

 

Pastikan fitur bisa di-tap

 

Baik itu link, nomor kontak, atau informasi media sosial, selalu pastikan ada fitur yang bisa disentuh oleh audiens yang mengakses portofolio kamu. Dengan begitu portofolio yang kamu buat lebih interaktif. Selain terlihat menarik, dengan memberi fitur ini kamu juga bisa lebih membuat pengakses mudah untuk berinteraksi dengan kamu.

 

Buat dengan format yang sederhana

 

Perhatikan jika portofolio kamu dibuat dengan format yang sederhana. Bagi pengguna ponsel, portofolio yang sederhana tentu lebih mudah diakses. Selain itu, portofolio yang sederhana juga bisa terkesan rapi dan bersih. Portofolio yang sederhana tersebut juga bisa menambah citra elegan di dalamnya, membuat kamu semakin terlihat profesional.

 

Pilih karya terbaik saja

 

Walau kamu memiliki segudang karya, prestasi, hingga project, yang pernah dilakukan, namun hanya pilih karya terbaik yang ingin kamu tunjukkan. Jadikan karya terbaik tersebut sebagai cerminan diri kamu sebagai seorang profesional. Dengan demikian, portofolio kamu bisa terlihat sederhana namun elegan.

 

Buat profil diri yang menarik

 

Bagian profil diri bisa menjadi salah satu aspek yang penting dalam portofolio kamu. Jelaskan sepak terjang kamu di bidang yang ditekuni, jangan anggap remeh profil diri tentang kamu. Selalu bayangkan jika profil diri tersebut merupakan citra diri kamu secara online. Selalu narasikan pengalaman yang relevan dengan bidang yang ingin kamu telusuri.

 

Informasi data diri

 

Cara membuat portofolio dengan hp selanjutnya adalah memasukkan informasi diri. Selain profil diri, tentu informasi data diri juga merupakan bagian yang penting dalam portofolio. 

 

Dengan membuat informasi data diri yang lengkap dan jelas, kamu sudah memudahkan audiens portofolio tersebut untuk menghubungi kamu langsung. Mulai dari email, nomor telepon, hingga handle media sosial, bisa menjadi sesuatu yang tepat untuk disertakan.


Itu tadi beberapa tips membuat portofolio kerja di smartphone. Masih banyak artikel tips karir yang bermanfaat dari NU Career. Jangan lupa registrasi ke NU Career untuk menemukan pekerjaan impianmu.


  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.