Cara Membuat dan Contoh Surat Keterangan Penghasilan Kerja

Cara Membuat dan Contoh Surat Keterangan Penghasilan Kerja | TopKarir.com
24 MAR 2021 20:16 SEPUTAR KARIR 152 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Surat keterangan penghasilan kerja biasanya dibutuhkan saat seseorang sedang mengurus administrasi tertentu. Mulai dari pengurusan visa, hingga beasiswa pendidikan, keterangan penghasilan bisa menjadi salah satu syarat yang diperlukan. Bisanya surat ini dikeluarkan oleh pihak sekretaris atau human resource (HR) sebuah perusahaan. 

 

Surat keterangan penghasilan kerja, merupakan surat pernyataan penghasilan seseorang selama bekerja di sebuah perusahaan. Dalam surat tersebut, biasanya detail nominal gaji juga akan gamblang dijelaskan. Demi menunjang keresmian surat ini, seseorang biasanya membutuhkan legalitas atas nama perusahaan tersebut.

 

Pada dasarnya, tidak ada ketentuan yang baku dalam membuat surat keterangan penghasilan kerja. Namun walau begitu tetap butuh komponen identitas diri, serta identitas perusahaan agar surat tersebut bisa dipertanggungjawabkan. Jadi bisa dibilang surat ini merupakan golongan surat resmi.

 

Jika kamu seorang wiraswasta, maka dibutuhkan konfirmasi dari perangkat warga untuk membuat surat tersebut resmi. Mulai dari keterangan RW, hingga kepala desa, bisa dicantumkan di dalam surat tersebut.

 

Cara Membuat Surat Keterangan Penghasilan Kerja

 

Ada beberapa komponen yang perlu diperhatikan dalam menyusun surat penghasilan kerja.

 

Kop perusahaan

 

Kop perusahaan lengkap sangat dibutuhkan untuk menyatakan penghasilan. Dengan adanya kop surat, identitas perusahaan akan terlihat dengan jelas. Karena hal itu juga, surat yang dikeluarkan bisa resmi dan dipertanggungjawabkan.

 

Nomor surat

 

Dalam surat keterangan penghasilan kerja, nomor surat menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Nomor surat berguna bagi pengarsipan sebuah perusahaan. Selain itu, dengan adanya arsip surat yang dikeluarkan juga bisa dibuktikan asli.

 

Diketahui oleh pihak perusahaan

 

Pihak perusahaan yang bertanggung jawab, wajib menerangkan jika dirinya mengetahui surat keterangan penghasilan kerja. Dengan adanya komponen ini, perusahaan secara resmi mengeluarkan pernyataan jika pemohon merupakan benar karyawan di perusahaan tersebut.

 

Informasi detail karyawan

 

Data diri karyawan yang bersangkutan, tentu sangat penting untuk dicantumkan di surat keterangan penghasilan kerja. Selain itu, terangkan juga jika orang tersebut benar bekerja di perusahaan yang mengeluarkan surat keterangan penghasilan kerja.

 

Informasi jabatan, gaji, dan tunjangan

 

Setelah itu, data selanjutnya yang harus ditulis adalah informasi jabatan dan lama bekerja si pemohon surat di perusahaan. Selain itu, gaji dan tunjangan juga harus dijelaskan dengan detail dan teliti.

 

Tanda tangan dan cap

 

Hal terakhir yang harus diperhatikan adalah tanda tangan pernyataan dari pembuat surat. Selain itu, jangan lupa legalisasi surat keterangan penghasilan tersebut dengan cap milik perusahaan.



Contoh Surat Keterangan Penghasilan Kerja

 

PT Serang Sentosa Tbk

Jl. Siliwangi 23, Kota Serang, Banten

021-5452xx

 

SURAT KETERANGAN PENGHASILAN

No: 88/HRD-204/2021

 

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

 

Nama : Ajeng Violet Rahayu

Jabatan : Manager Personalia

 

Menerangkan dengan sebenarnya jika,

 

Nama : Purwanto Pratama

Jabatan : Staff Digital Marketing

 

Hingga saat ini tanggal 24 Mei 2021 aktif bekerja di perusahaan PT Serang Sentosa Tbk, memiliki penghasilan dengan rincian berikut ini,

 

Gaji pokok : Rp. 7.500.000

Tunjangan transportasi : Rp.    500.000

Tunjangan kesehatan : Rp. 1.050.000

 

Sehingga total gaji yang diperoleh dalam satu bulan berjumlah Rp9.050.000 (Sembilan juta lima puluh ribu rupiah).

 

Demikian surat keterangan penghasilan kerja ini saya sampaikan. Semoga dapat digunakan sebagaimana mestinya.

 

Serang, 24 Mei 2021



Ajeng Violet Rahayu

Manager Personalia

 

Yuk simak tips karier lainnya di NU Career. Jangan lupa kunjungi situs resmi NU Career di https://www.nucareer.id/ untuk memperoleh pekerjaan terbaik.


  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.