Cara Membuat Artikel Berita untuk Pemula, Ini 7 Langkah Mudahnya

Cara Membuat Artikel Berita untuk Pemula, Ini 7 Langkah Mudahnya | TopKarir.com
14 APR 2021 17:36 SEPUTAR KARIR 81 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Bagi pemula, dibutuhkan cara yang tepat dalam membuat dan menyusun sebuah artikel berita. Tidak seperti tulisan opini, artikel berita dibutuhkan penulisan yang objektif dan berdasar dari fakta. Berdasarkan hal tersebut, terkadang banyak penulis pemula yang kebingungan. Dibutuhkan formula dan pendekatan khusus bagi kamu pemula yang ingin mulai menulis berita.

 

Ada beberapa hal yang harus dipahami bagi pemula untuk menulis artikel berita. Hal yang paling penting dalam penyusunan sebuah berita adalah tanyakan lagi kepada diri sendiri, apakah topik yang ingin diangkat ada nilai beritanya.

 

Cara Membuat Artikel Berita untuk Pemula, Ini 7 Langkah Mudahnya

 

Nah, sebelum kamu mulai menulis, yuk perhatikan dulu 7 langkah cara mudah membuat artikel berita untuk pemula!

 

1. Cari topik yang paling baru dan ada nilai beritanya

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, topik yang heboh jika tidak ada nilai berita maka percuma. Tanyakan lagi jika ingin mengangkat sebuah topik, apakah topik tersebut menyangkut kepentingan banyak orang. Selain itu, kamu juga harus paham jika penulisan artikel berita membutuhkan topik yang terbaru, karena kamu bukan sedang menyusun berita feature.

 

2. Liputan dengan sumber dan pakar yang kredibel

Demi menjaga nilai objektif dalam artikel berita yang dibuat, kamu butuh pendapat sumber atau pakar ahli yang kredibel. Sumber tersebut bisa berupa saksi kejadian, aparat setempat, hingga pakar di bidang tertentu. Jika sudah menentukan sumber, jadikan ucapan mereka yang relevan dengan topik sebagai kutipan. Dengan begitu, artikel berita yang kamu buat tetap kredibel.

 

3 Gunakan gambar relevan sebagai ilustrasi

Entah itu foto tempat kejadian perkara, ilustrasi yang diperagakan oleh model, hingga gambar bebas royalti di internet, bisa menjadi pendamping tulisan kamu. Selain isi dari tulisan, selalu sertakan gambar yang bisa menceritakan kejadian dari berita yang kamu angkat. Setelah itu, jangan lupa sertakan juga caption untuk menjelaskan gambar tersebut kepada pembaca.

 

4. Jelaskan singkat di paragraf pertama

Setelah mendapatkan bahan, sekarang saatnya kamu merangkai fakta yang didapat. Demi tetap menjaga perhatian pembaca, kamu wajib menjelaskan secara singkat mengenai kejadian yang diangkat di dalam paragraf pertama. Mulai dari siapa melakukan apa, kapan dan di mana, merupakan formula yang baik. Kamu bisa menjelaskan seterusnya di paragraf berikutnya.

 

5. Buat tulisan yang sederhana

Saat kamu menyusun artikel berita tersebut, selalu pastikan jika tulisan yang dibuat tidak rumit. Sederhanakan kalimat yang terlalu panjang, agar pembaca dapat memahami inti dari tulisan kamu. Selain itu, hindari dalam satu paragraf menulis terlalu banyak kalimat. Pada umumnya artikel berita bisa memiliki 2-4 kalimat dalam satu paragraf.

 

6. Riset kembali ucapan narasumber

Ucapan narasumber tidak serta-merta merupakan kebenaran yang mutlak. Selalu cari sudut pandang lain dalam mengutip ucapan narasumber. Bisa melalui jurnal ilmiah, hingga ucapan pakar, argumen yang kamu terima jangan begitu saja diterima dengan mentah. Pastikan kembali kebenarannya secara ilmiah dan benar.

 

7. Edit

Setelah selesai, baca kembali artikel berita yang sudah kamu buat, kemudian pastikan tidak ada kesalahan pengejaan atau pengutipan. Jika ada kalimat yang bisa disederhanakan, buat menjadi lebih sederhana. Pengeditan merupakan salah satu bagian terpenting dalam menulis artikel berita.


Selain cara membuat artikel untuk pemula, temukan tips karir lainnya dari NU Career. Jangan lupa kunjungi situs resmi NU Career di https://www.nucareer.id/ untuk mencari beragam lowongan pekerjaan terbaik.


  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.