Bukan Cuma Modal Ngomong, Ini 10 Tips Jadi Customer Service Sukses

Bukan Cuma Modal Ngomong, Ini 10 Tips Jadi Customer Service Sukses | TopKarir.com
05 APR 2021 12:51 TINGKATKAN KARIRMU 65 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Ingin berprofesi sebagai customer service? Kamu harus baca dulu 10 tips jadi seorang CS yang sukses, biar bisa jadi kesayangan pelanggan. Tips ini penting karena CS adalah ujung tombak perusahaan.

 

Sebagus apapun produk atau jasa yang ditawarkan, jika tidak bisa memberikan pelayanan pelanggan yang baik, maka suit bagi perusahaan untuk sukses. Itu sebabnya, CS punya tanggung jawab yang tak bisa disepelekan.

 

Jangan berpikir customer service hanya bermodal angkat telepon dan ngomong saja, ya. Ada sederet skill yang wajib dimiliki oleh seorang customer service berkualitas.

 

Tips Jadi Costumer Service yang Sukses

 

Sebagai 'wajah' dari perusahaan, costumer service adalah investasi yang bisa berbuah kesetiaan pelanggan. Lalu gimana caranya bisa jadi CS yang sukses dan dicintai pelanggan? Berikut tipsnya.

 

  1. Latih kemampuan berbahasa

 

Kemampuan kamu sebagai CS dalam berbahasa adalah salah satu hal terpenting. Bahasa yang kamu gunakan jadi cerminan perusahaan tempatmu bekerja. 

 

Tidak hanya soal menggunakan bahasa yang baik dan benar sesuai kaidah, namun juga harus menggunakan bahasa yang positif. Buat pelanggan merasa nyaman berbicara denganmu.

 

  1. Jadi pendengar yang baik

 

CS wajib memiliki kemampuan untuk mendengarkan dengan baik. Sebenarnya jadi pendengar yang baik itu gimana sih? Kamu harus bisa memberi perhatian penuh kepada apa yang ditanyakan atau diceritakan oleh pelanggan.

 

Jika perlu, ulangi perkataan mereka agar kamu benar-benar mengerti apa yang pelanggan inginkan. Biar gak salah paham.

 

  1. Latih empati dan kesabaran

 

Melatih empati dan kesabaran adalah tips selanjutnya untuk jadi CS yang sukses. CS harus bisa berpikiran positif dan terbuka terhadap apa yang ditanyakan, dan bisa ikut merasakan apa yang dirasakan oleh pelanggan.

 

Refleksikan ke diri dan bayangkan jika masalah yang sama dialami olehmu. Mungkin kamu juga akan merasa kecewa atau kesal, seperti pelanggan tersebut. CS harus bisa menerima komplain atau pertanyaan dengan sabar dan tetap positif.

 

  1. Pekuat mental

 

Tips penting selanjutnya untuk jadi CS sukses adalah memperkuat mental. Menghadapi berbagai macam karakter orang bisa membuat kamu lelah secara emosional. Apalagi harus siap sedia membantu dan tetap bersikap positif.

 

Kamu memang harus siap-siap mental jika menerima komplain dari pelanggan yang sedang marah misalnya. Jangan sampai kamu ikutan kesal dan malah memberi respons yang negatif, hingga merusak citra perusahaan.

 

  1. Kuasai segala hal yang berhubungan dengan produk/jasa

 

Costumer Service yang sukses adalah yang benar-benar menguasai seluk-beluk produk atau jasa yang ditawarkan perusahaannya. Ini akan berguna saat CS harus membantu menyelesaikan masalah pelanggan.

 

Bagaimana mungkin CS menjawab pertanyaan dan memberikan solusi kepada pelanggan jika ia tidak memahami produk yang ia jual. Jika CS menguasai produk yang dijualnya, maka ia bisa memberikan jawaban yang memuaskan kepada pelanggan.

 

  1. Kenali karakteristik pelanggan

 

Kamu juga harus pandai-pandai 'membaca' pelanggan, meski tidak bertemu langsung, bahkan tidak mendengar suaranya ketika menggunakan layanan chat. Perkirakan kondisi emosinya, dan sesuaikan dengan responsmu.

 

CS harus bisa menyesuaikan diri dengan berbagai macam karakter manusia yang bakal dihadapinya. Karakter ini bakal menentukan gaya bahasa yang akan digunakan. Tentu berbeda untuk konsumen dewasa dengan konsumen usia remaja.

 

  1. Beri sambutan yang hangat

 

Selalu beri sambutan yang hangat kepada siapapun pelanggan yang datang, entah yang sekedar bertanya atau yang melakukan komplain. Buat mereka merasa nyaman untuk menyampaikan maksudnya.

 

Dengan begitu, CS bisa mendapatkan informasi dengan lebih mendetail, yang nantinya bisa membantu menyelesaikan masalah pelanggan. Memberikan kesan pertama yang baik sangat penting.

 

  1. Fokus pada penyelesaian masalah

 

CS harus fokus pada penyelesaian masalah. Tujuan utama sebuah perusahaan memiliki itm CS adalah untuk bisa melayani pelanggan yang membutuhkan informasi atau bantuan dalam menyelesaikan kendala yang mereka alami.

 

Itu sebabnya, CS harus bisa jadi pribadi yang solutif, dan mampu memenuhi kebutuhan konsumen. Hal ini berguna demi kepuasan pelanggan, yang mana membuat mereka tidak ragu untuk kembali karena memiliki pengalaman yang baik dengan CS.

 

  1. Minta review

 

Jika masalah yang dihadapi pelanggan sudah berhasil diatasi, jangan lupa untuk meminta feedback berupa survey. Feedback dari pelanggan akan sangat berguna untuk perkembangan CS perusahaan kamu di kemudian hari. 

 

  1. Terus Belajar

 

Kemauan untuk terus belajar adalah hal yang penting bagi seorang customer service. Ini berguna demi meningkatkan pelayanan yang baik, agar pelanggan terus kembali bahkan bisa mengundang pelanggan baru.


Nah, itulah beberapa tips sukses menjadi customer service. Masih banyak artikel tips karir yang bermanfaat dari NU Career. Jangan lupa registrasi ke NU Career untuk menemukan pekerjaan impianmu.

  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.