Apa Itu Marketing Plan dan Bagaimana Cara Membuatnya?

Apa Itu Marketing Plan dan Bagaimana Cara Membuatnya? | TopKarir.com
05 APR 2021 12:53 TINGKATKAN KARIRMU 82 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Marketing plan atau perencanaan pemasaran adalah hal penting yang harus dipahami oleh pebisnis. Rencana pemasaran merupakan dokumen bisnis yang menguraikan strategi dan taktik pemasaran Anda. 

 

Marketing plan seringkali berfokus pada periode waktu tertentu, yaitu selama 12 bulan ke depan dan mencakup berbagai detail terkait pemasaran, seperti biaya, sasaran, dan strategi pemasaran lainnya.

Definisi marketing plan

Dikutip dari berbagai sumber, bila disimpulkan, marketing plan adalah rencana pemasaran berupa laporan yang menguraikan strategi pemasaran bisnis untuk tahun, kuartal, atau bulan mendatang yang disusun oleh anggota organisasi terkait. 

 

Biasanya, rencana pemasaran tersebut akan mencakup:

  • Ringkasan tujuan pemasaran dan periklanan bisnis.
  • Deskripsi tentang posisi pemasaran bisnis saat ini.
  • Deadline kapan tugas dalam strategi Anda akan selesai.
  • Indikator kinerja utama (KPI) yang akan diukur.
  • Deskripsi target pasar bisnis dan kebutuhan pelanggan.

Sebagai contoh, template rencana pemasaran ini memberikan gambaran umum tentang bisnis dan pesaing sebelum mendalami tujuan, KPI, dan strategi bisnis tertentu.

Tujuan dibuatnya marketing plan

Secara garis besar, tujuan dibuatnya marketing plan adalah sebagai peta atau rencana yang memberi Anda arahan untuk mencapai tujuan bisnis. Perencanaan ini perlu sering dirujuk dan dinilai ulang untuk mendapatkan hasil yang relevan pada setiap tahun perencanaan. Sementara  untuk beberapa pemilik usaha kecil, rencana pemasaran adalah lebih sebagai bagian dari rencana bisnis mereka secara keseluruhan. 

 

Karena pemasaran adalah bagian yang sangat penting dalam bisnis, agar sukses, Anda disarankan untuk memiliki rencana pemasaran yang lengkap dan terperinci. Jika tidak ingin membuat mini-plan sebagai bagian dari rencana bisnis, Anda dapat melampirkan rencana pemasaran lengkap dalam jangka panjang yang nantinya digunakan sebagai tujuan jangka panjang perusahaan.

Manfaat dibuatnya rencana pemasaran

Dalam bisnis, membuat rencana pemasaran yang benar bukan hanya mampu mendatangkan pelanggan, namun juga membuat bisnis Anda sukses dalam jangka panjang. 

 

Sejumlah manfaat utama lainnya yang akan Anda dapatkan adalah:

  • Memberikan kejelasan tentang target konsumen. Lebih mudah menemukan klien dan pelanggan jika Anda membuat perencanaan pemasaran, karena dapat terlihat dengan jelas siapa saja orang yang membutuhkan produk perusahaan Anda.
  • Membantu Anda menyusun pemasaran yang akan mendatangkan profit. Pemasaran adalah tentang mengetahui apa yang dapat dilakukan produk atau layanan Anda untuk memenuhi kebutuhan target pelanggan. 
  • Memberikan fokus dan arah bisnis. Pilihan pemasaran sangat luas termasuk email, media sosial, periklanan, blog tamu, surat langsung, publisitas, dan seterusnya. Dengan banyaknya pilihan pemasaran, Anda memerlukan rencana untuk menentukan tindakan terbaik untuk bisnis perusahaan.

Cara membuat marketing plan yang benar

Rencana pemasaran bisnis kecil yang benar mencakup banyak elemen, termasuk deskripsi pesaing, permintaan produk atau layanan yang ditawarkan, serta kekuatan dan kelemahan dari sudut pandang pasar bisnis dan pesaingnya.

 

Dasar-dasar marketing plan yang benar adalah meliputi:

  • Detail tentang situasi bisnis perusahaan saat ini
  • Menjelaskan siapa target pasar perusahaan
  • Apa tujuan perusahaan untuk jangka waktu rencana tersebut
  • Taktik pemasaran apa yang akan digunakan untuk mencapai pasar dan target pembeli
  • Berapa biaya yang harus dikeluarkan
  • Bagaimana melaksanakan rencana pemasaran yang telah disusun

 

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi hasil dan pilihan pemasaran termasuk kondisi pasar, permintaan untuk produk atau layanan, masalah harga, dan metode pemasaran baru (yaitu platform media sosial baru). Penting bagi Anda untuk tetap menyadari semua ini dan menyesuaikan rencana pemasaran perusahaan dengan perubahan dunia bisnis yang sedang berkembang.

 

Nah, selain tentang marketing plan, temukan juga berbagai tips karier menarik lainnya di sini. Jangan lupa kunjungi situs resmi NuCareer di nucareer.id untuk mendapatkan informasi lengkap seputar dunia kerja.

  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.