7 Tips dan Cara Membuat Artikel yang Menarik untuk Dibaca

7 Tips dan Cara Membuat Artikel yang Menarik untuk Dibaca | TopKarir.com
26 APR 2021 11:52 PEMBEKALAN KARIR 1097 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 1 KALI DIBAGIKAN

Untuk membuat artikel yang baik dan menarik, dibutuhkan cara dan pendekatan tersendiri. Hampir setiap orang tentu bisa membuat artikel, namun tidak semua orang bisa membuat artikel tersebut menarik untuk dibaca.

 

Bagi kamu yang ingin memulai menulis artikel, selalu pahami jika ada banyak cara dan tips agar tulisan yang kamu buat mengundang orang lain.

 

Pada intinya, dalam membuat artikel yang baik, kamu harus bisa menemukan masalah yang ingin digali, kemudian paparkan dengan fakta atau hasil yang kamu temui.

 

Jika sudah begitu, tinggal mengkombinasikan otak dan jari-jemari, untuk menghasilkan tulisan yang selalu bisa menggugah minat baca orang lain. 

7 Tips dan Cara Membuat Artikel Menarik yang Enak Dibaca

Sebelum kamu mulai menulis artikel, yuk simak dulu 7 tips dan cara membuat artikel menarik yang tentunya enak dibaca.

 

1. Pikirkan topik dengan matang

Menentukan topik merupakan pondasi utama dalam menyusun artikel. Pahami terlebih dahulu tentang topik yang mau kamu naikkan. Selain itu, tanya lagi apakah topik tersebut menarik dan penting untuk dibaca banyak orang. Jika iya, tentu kamu tinggal mulai bergerak mencari data.

 

2. Buat pertanyaan masalah inti

Sebelum kamu mulai mencari data, buat terlebih dahulu pertanyaan inti mengenai topik yang mau diangkat.

 

Pastikan pertanyaan tersebut hadir dari kegelisahan kamu melihat suatu fenomena. Jika sudah ada, kemudian kamu bisa mencari argumen berangkat dari pertanyaan besar tadi. Selalu cari data dengan menggunakan logika yang baik tentunya.

 

3. Buat judul yang menarik mata

Judul merupakan kepala dari sebuah artikel. Jika judul yang kamu buat tidak menarik, tentu orang juga tidak mau melirik artikel tersebut. Buat judul artikel yang menggugah selera pembaca.

 

Walau demikian, kamu tetap harus pastikan jika judul yang dipakai merupakan cerminan jujur dari isi artikel, bukan hanya sekedar susunan kata bombastis.

 

4. Fokus pada paragraf pertama

Dalam sebuah artikel, paragraf pertama bisa menjadi penentu apakah pembaca tertarik untuk membaca lebih atau tidak. Maka dari itu, kamu harus bisa memastikan jika paragraf pertama yang dibuat sangat menarik.

 

Kuncinya, tuangkan pertanyaan penting di paragraf pertama dan susun kalimat dengan padat dan jelas. Jika sudah begitu, paragraf pertamamu bisa menarik.

 

5. Jaga tulisan kamu tetap fokus

Biasanya, ada mereka yang asik membahas sesuatu, malah artikelnya melenceng dari topik utama. Pastikan jika tulisan kamu tetap berpatokan pada topik utama.

 

Jika harus membahas isu sampingan, selalu pastikan juga jika isu tersebut relevan dan ada kaitannya dengan topik itu. Selain itu, selalu gunakan 2-5 kata perparagraf agar memudahkan fokusnya tulisan kamu.

 

6. Sertakan ilustrasi yang relevan

Untuk membuat artikel kamu semakin menarik, tentu sertakan ilustrasi yang relevan. Mulai dari gambar, artikel pendukung, hingga video, bisa menjadi ilustrasi untuk mendongkrak tulisan kamu.

 

Dengan menyertakan ilustrasi, selain menambah kuat argumen dalam artikel, kamu juga bisa membuat artikel tersebut terlihat menarik.

 

7. Edit

Edit merupakan salah satu hal terpenting dalam menyusun artikel. Baca kembali dengan seksama artikel yang telah kamu buat.

 

Pastikan tidak ada kesalahan dalam pengejaan, penyusunan kalimat, hingga data pendukung. Jika sudah dipastikan tidak ada kesalahan, maka artikel kamu siap untuk dibaca orang banyak.

 

Itu dia tips dan cara membuat artikel yang menarik, simak juga informasi dan tips karir menarik lainnya di sini. Download aplikasi TopKarir sekarang atau kunjungi topkarir.com untuk mendapatkan informasi lowongan kerja ter-update.

  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.