6 Tips Merancang Ruangan Kerja Yang Nyaman Di Rumah

6 Tips Merancang Ruangan Kerja Yang Nyaman Di Rumah | TopKarir.com
05 APR 2021 13:07 SEPUTAR KARIR 101 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Memiliki ruangan kerja yang nyaman adalah impian setiap orang. Ruangan kerja di rumah untuk Work From Home (WFH) dapat meningkatkan semangat, kreativitas, serta produktivitas dalam bekerja. Untuk itu, kamu perlu merancang ruangan kerja senyaman mungkin di rumah.

Ruangan kerja di rumah menjadi tempat yang sering kali diabaikan keberadaanya, padahal kini keberadaannya cukup berperan penting dalam membantu seseorang melakukan pekerjaannya secara WFH. Dengan ruangan kerja yang nyaman, akan membuat semangat dalam bekerja dan tidak mudah bosan.

Jika kamu mengabaikan keberadaan ruang kerja, itu akan membuat kamu malas untuk bekerja di rumah. Untuk itu, kamu perlu merancang ruangan kerja yang nyaman di rumah agar semangat kamu tetap terjaga. Berikut adalah tips merancang ruangan kerja yang nyaman di rumah:

1)  Sesuaikan Dengan Kesukaanmu

Hal utama yang harus kamu lakukan adalah sesuaikan desain ruangan kerja dengan kesukaanmu. Kamu dapat merancang dengan sesuka hati kamu, jangan sampai ruangan kerja yang kamu rancang tidak sesuai dengan hati, karena itu hanya akan membuat kamu cepat bosan dalam bekerja.

Untuk mendapatkan ide desain ruangan kerja, kamu dapat melakukan riset melalui media sosial untuk desain yang kamu inginkan. Ruangan yang kamu tata harus menginspirasi dan mencerminkan kepribadianmu. Jangan ragu untuk menampilkannya dengan maksimal pada ruangan itu.

Sebagai contoh, jika kamu menyukai tema monokrom, kamu dapat mencari referensi dekorasi, cat, dan perlengkapan pendukung dalam bekerja yang memiliki konsep warna monokrom.

2)  Tumbuhkan Nilai Seni

Kamu dapat menghiasi ruang kerja dengan gambar yang seolah-olah dapat berkomunikasi denganmu. Nilai seni dapat memberikan energi dan motivasi ketika sedang bekerja. Untuk menambah nilai seni, kamu dapat hiasan dengan lukisan atau gambar, bahkan patung. Kamu dapat memilih hiasan sesuai dengan yang kamu suka. Pilih dan letakkan hiasan di tempat yang sesuai agar terlihat indah.

3)  Gunakan Warna Produktif

Ruangan kerja dengan warna yang produktif akan membuat kamu nyaman dalam bekerja. Pengaruh warna ruangan kerja sangat mempengaruhi terhadap produktivitas dan peningkatan semangat kerja yang kamu lakukan.

Warna-warna produktif yang dapat kamu gunakan untuk ruangan kerja yaitu putih, biru, kuning, oren, dan warna-warna soft lainnya. Karena warna soft memiliki kemampuan untuk meningkatkan performa kerja. Untuk itu, kamu perlu memilih warna untuk ruangan kerja kamu sebaik mungkin.

4)  Perhatikan Pencahayaan Lampu

Lampu merupakan pencahayaan yang membantu kita untuk melihat sesuatu dengan jelas. Pemilihan lampu untuk ruangan kerja sangat harus diperhatikan. Pilihlah lampu ruangan kerja sebaik mungkin, karena dengan pencahayaan yang baik itu akan membuat kamu cepat dalam mengerjakan pekerjaan. Jika, pencahayaan lampu yang tidak baik itu akan menghambat kamu dalam menyelesaikan pekerjaan, tidak hanya itu pencahayaan yang tidak baik akan membuat mata kamu mengalami kerusakan.

5)  Tambahkan Pernak-Pernik untuk Hiasan

Kamu perlu perhatikan hiasan ruangan kerja, kamu dapat menambahkan pernak-pernik agar terlihat lebih menarik. Di luar aspek desain, fungsionalitas, dan estetika, perhatikan juga aspek sentimental dan personal dari ruang kerja di rumah. Hal ini perlu kamu lakukan, agar ruangan kerja tidak terlihat kosong. Kamu dapat menambahkan pernak-pernik sesuai dengan keinginan kamu. Tapi ingat, jangan terlalu heboh yang membuat kamu merasa terganggu akan pernak-pernik tersebut.

6)  Jaga Kebersihan Ruang Kerja Setiap Hari

Terakhir yang kamu harus lakukan adalah jaga kebersihan ruangan kerja kamu setiap hari. Menjaga kebersihan ruangan kerja sangat perlu diperhatikan untuk dapat meningkatkan semangat dalam bekerja. Ruangan kerja yang terlihat bersih akan membuat hati tenang melihatnya, sehingga ada rasa semangat dan dorongan untuk menyelesaikan pekerjaan. Pastikan, kamu siapkan tempat sampah di sekitar meja agar sampah tidak berserakan di lantai.

Itu dia beberapa tips untuk membuat ruang kerja di rumah jadi lebih nyaman sehingga kamu tetap produktif selama bekerja di rumah. Yuk, mulai merancang ruangan kerja kamu di rumah agar semangat kamu dalam bekerja terus meningkat. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk kamu.

Itu dia beberapa tips merancang ruangan kerja yang nyaman di rumah. Masih banyak artikel tips karir yang bermanfaat dari NU Career. Jangan lupa registrasi ke NU Career untuk menemukan pekerjaan impianmu.

  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.