5 Cara Tingkatkan Produktivitas Kerja Karyawan di Perusahaan

5 Cara Tingkatkan Produktivitas Kerja Karyawan di Perusahaan | TopKarir.com
24 MAR 2021 20:16 SEPUTAR KARIR 167 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Produktivitas kerja karyawan menjadi salah satu aset perusahaan yang berharga. Untuk itu, menjaga mood dan perasaan puas karyawan penting untuk selalu dipikirkan oleh perusahaan. Sebab, jika mereka Anda senang, produktivitas mereka akan meningkat, dan itulah yang Anda butuhkan untuk membantu bisnis Anda berkembang.

 

Membuat perubahan kecil pada kebiasaan akan meningkatkan secara drastis tingkat produktivitas dan efisiensi kantor dalam bisnis. Ini akan memungkinkan Anda menyelesaikan lebih banyak pekerjaan berkualitas dalam waktu yang lebih singkat serta mengurangi jumlah waktu yang dihabiskan untuk tugas yang tidak perlu.

 

Berikut adalah lima cara terbaik untuk mendapatkan hasil maksimal dari karyawan Anda dan memastikan bahwa produktivitas kerja mereka dijaga agar tetap maksimal:

 

1. Meningkatkan efisiensi

Pertimbangkan bagaimana bisnis saat ini beroperasi dan terbukalah terhadap semua inovasi yang akan membantu perkembangan perusahaan. Ingatlah bahwa membuat daftar jangka pendek dan jangka panjang sama pentingnya dengan memprioritaskan tugas, terutama dalam bisnis kecil.

 

Sediakan rencana bagi setiap anggota staf dan dorong masing-masing orang untuk membuat daftar pekerjaan guna memastikan mereka menyelesaikan pekerjaan yang diprioritaskan tepat waktu. Selain itu, bantulah karyawan agar tetap menjalankan tugas sepanjang hari, sehingga menghasilkan kerja yang efisien.

2. Delegasikan tugas pada karyawan

Pendelegasian tugas kepada orang lain memang terkadang berisiko tinggi. Namun, bukan berarti Anda tidak membiarkan karyawan terlibat dalam banyak hal. Berikan tanggung jawab kepada karyawan yang memenuhi syarat yang memiliki rekam jejak terbukti sukses di bidang tertentu. Untuk meningkatkan produktivitas kerja mereka, percayakan karyawan suatu tugas tertentu dan yakinlah bahwa mereka bisa menyelesaikannya dengan baik.

3. Kurangi gangguan 

Media sosial bisa menjadi penghalang produktivitas yang sangat besar. Untuk itu, dorong karyawan untuk mematikan ponsel mereka selama jam kerja dan biarkan mereka kembali mengaksesnya ketika jam istirahat. Ini akan memastikan bahwa waktu yang dihabiskan di meja mereka lebih produktif.

4. Memiliki alat dan perlengkapan yang tepat

Penting untuk menyediakan alat dan perlengkapan yang tepat bagi karyawan agar mereka dapat menjalankan tugasnya secara efisien dan tepat waktu. Program dan peralatan modern berkualitas tinggi membuat perbedaan besar tidak hanya bagi tenaga kerja, tetapi juga pada cara pandang perusahaan Anda. Hemat waktu dan tenaga dengan menggunakan peralatan terbaru yang dapat berfungsi sebagai printer, scanner, mesin fotokopi hingga mesin fax.

5. Berikan dukungan dan tetapkan tujuan yang realistis

Masalah umum bagi para manajer adalah tidak adanya kepekaan yang jelas dan kuat tentang apakah karyawan mereka berkinerja tinggi atau tidak?

 

Apakah karyawan Anda membutuhkan insentif untuk tetap bekerja dengan baik? Untuk itu, bantulah karyawan memiliki semangat kerja yang tinggi dengan menawarkan tujuan atau target yang bisa dicapai. Berikan juga arahan yang jelas kepada supervisor dan karyawan untuk membantu menjalankan target. Cara ini akan membantu meningkatkan produktivitas mereka, karena karyawan akan memiliki fokus dan tujuan yang jelas.

 

Bukan hanya perihal produktivitas kerja, yuk simak tips karier lainnya di NU Career. Jangan lupa kunjungi situs resmi NU Career di https://www.nucareer.id/ untuk mencari beragam lowongan pekerjaan terbaik.


  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.